Lagu-Lagu Ismail Marzuki yang Melegenda

Karya Ismail Marzuki. (Foto/wikipedia)

Nama Ismail Marzuki dalam bidang musik tak usah dirisaukan lagi. Pada 1931 Nusantara dibuat gempar oleh karyanya. Lagu berjudul ‘O Sarinah’ merupakan geliat pertamanya di bidang musik.

Lima tahun berselang, pria yang karip disapa Mail ini diajak bergabung dalam perkumpulan orkes musik Lief Java sebagai pemain gitar, saxophone, dan harmonium pompa.

Mulai saat itu karir Bang Maing yang berdarah Betawi tersebut terus meningkat. Hingga titik puncak hidupnya dan sampai sekarang ia dikenal sebagai salah seorang komponis besar Indonesia.

Tak sampai di situ saja, Nama Ismail diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Sebagai seorang komponis, karya Mail sudah sudah tak bisa dihitung dengan jari. Lagu-lagu ciptaannya yang khas masih bisa kita nikmati hingga kini. Kali ini sastraindonesia.net akan memaparkan karya-karya Ismail Marzuki yang cukup akrab di telinga;

Oh Sarinah

Lagu yang ditulis bahasa Belanda ini diciptakan Ismail Marzuki saat berusia 17 tahun. Lagu ini kemudian banyak di aransemen ulang oleh musisi-musisi kenamaan. Bahkan, Wieteke Dort pun pernah menyanyikan lagu O Sarinah.

Keroncong Serenata

Karya yang satu ini ditulis Ismail Marzuki saat usianya 21 tahun atau pada 1935. Sesuai dengan judul lagu, suara dan rasa kroncong dalam lagu ini begitu menarik.

Roselani

Setahun setelah menciptakan Keroncong Serenata, Ismail Marzuki melahirkan karya yang sangat jauh berbeda. Lagu Roselani seakan membawa kita ke suasana romantis alam Hawaii di Samudra Pasifik.

Kasim Baba

Pada 1937, Mail meluncurkan lagu-lagu yang mengambil latar belakang Hikayat ‘1001 Malam’. Lagu berjudul Kasim Baba saat diciptakan Ismail saat berusia 23 tahun. Dalam lagu tersebut Mail mencipta gubahan keroncong yang berjudul keroncong sejati bermodus minor bernafaskan melodi yang melankolis.

Ilustrasi Musik Film ‘Terang Bulan’

Setelah melahirkan banyak karya, Mail dipercaya untuk mengisi ilustrasi musik film berjudul ‘Terang Bulan’. Pada film tersebut ada 3 buah lagu karya Mail, antaranya: Pulau Saweba, Di Tepi Laut, Duduk Termenung.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *